Kamis, 21 Februari 2019

Tips Agar PC/Komputer Tidak Lelet

Virus Removal Specialist Boca Raton #webdesign #seo #leadgeneration #leadgen #ppc #exclusiveleads #sales #internetmarketing #marketing


Dijaman sekarang ini, sudah tidak level dengan apapun yang berlabel lelet, lemot, selow. Cukup lah hidupmu aja yang selow, jangan sampai Komputer yang kamu pake juga selow :D. Sedangkan disatu sisi, teknologi dibagung untuk mempercepat segala sesuatunya. Sebut saja 4G yang sekarang menuju 5G dimkasud adalah untuk mempercepat koneksi internet kita, proses computer yang kian hari kian canggih dengan spesifikasi yang luar biasa, besar dan cepat, spec sultan lah kata orang, dimkasud untuk mempercepat kinerja kita khususnya yang menggunakan computer.

Maka sudah tidak seharunya kita mengeluh computer lelet, internet lelet atau semacamnya untuk menyelesaikan suatu pekerjaan, dimana satu sisi para provider perangkat menyediakan sekaian banyak pilihan dengan mengutamakan kecepatan dan ketangguahan dengan variasi harga tentunya. Akan tetapi keluhan ini tentu saja tetap terjadi, parahnya lagi kejadian ini akan terjadi terus menerus apabila kita tidak mengerti penyebap dan tahu akan solusinya. Jadi pada artikel kali ini saya akan mencoba berbagi sedikit tentang apa saja yang mempengaruhi computer sehingga lambat, apa saja yang dapat meningkatkan kecepatannya dan tips-tips lainnya.


Tidak peduli seperti apa spesifikasi computer kamu, jika hal berikut ini kamu abaikan begitu saja, maka kinerja komputermu lambat laun akan mulai menurun. Mungkin tidak dalam seminggu dua minggu, atau sebulan dua bulan, tapi perlahan pasti akan terasa. Jadi berikut penjelasannya.
  1. Komputer menyala terus menerus dalam jangka waktu yang lama, ini akan tentu saja mempengaruhi kinerja computer. Ukuran jangka waktu yang saya maksud disini adalah bukan jam akan tetapi hari, bahkan bulanan. Biasanya computer seperti ini akan sering kita temukan pada computer yang dipakai bersama, computer kantor misalnya atau computer lainnya. Jadi sebaiknya jika memang dapat dimatikan saat selesai bekerja, lebih baik dimatikan, selain menghemat enrgi juga akan membuat kinerja computer tetap stabil. Atau jika memang diperlukan untuk tetap menyala, maka ada baiknya dilakukan restart secara berkala sebelum digunakan, pagi sebelum di pakai misalkan atau sore setelah digunakan.
  2. Menyimpan file berantakan, acak, nama file yang asal copy paste, membuat folder yang terlalu rumit, berantakan, terlalu dalam, dalam jumlah banyak, hal ini juga dapat memperlambat kinerja computer. Pasalnya, pada saat tertentu computer akan dipaksa menganalisis atau mencari satu file dengan satu ekstensi tertentu dan nama tertentu, akan tetapi karena file nya terlalu acak, nama filenya juga asal copy paste, foldernya berantakan, maka mau tidak mau computer haru memeriksa file-file tersebut satu persatu. Hal ini lah yang membuat kinerja computer jadi lambat karena banyaknya file yang harus diperiksa satu persatu, saat ketemu pun belum tentu cocok, maka pengguna akan meminta computer untuk melakukan pencarian lagi. Maka ada baiknya melakukan penyimpanan file dengan rapi, folder yang jelas dan gampang, selain lebih rapi di tatap mata, kita sendiri pun akan lebih mudah saat mencari file yang kita maksud.
  3. File corrupt atau cacat, ini juga akan sangat menggangu. Biasanya akan terasa saat dimana kita sedang menikmati untuk menyelesaikan satu pekerjaan, tiba-tiba program not responding atau mungkin program close sendiri, atau mungkin file tidak bisa di akses. Maka bisa jadi penyebapnya adalah ada file yang corrupt atau cacat, bisa jadi satu file atau program. Masalahnya adalah jika kita memiliki beberapa file yang korup, maka ini juga akan menghambat kinerja program tersebut dan tentu saja ini sangat menggangu. Maka sebaiknya hapus file-file corrupt tersebut. Bagaimana cara mengetahui sebuah file atau program corrupt, ya itu tadi, kalau kita akses atau buka file atau programnya, maka tidak bisa. Entah dengan notifikasi not responding, tidak bisa terbuka, program tertutup otomatis atau lainnya.
  4. Terlalu banyak sortcut juga dapat berdampak pada kinerja computer kita. Kenapa bisa banyak shortcut, siapa yang membuatnya, maka itulah masalahnya. Shortcut disini bukan hanya di desktop saja, tetapi didalam folder pun sering ada. Jadi sebaiknya hapus saja shortcut yang tidak diperlukan.
  5. Hindari terlalu banyak menyimpan file di desktop. Beberapa orang beralasan, agar lebih mudah mencarinya. Ya, mudah mencarinya kalau filenya hanya beberapa atau desktop nya luas dan sedikit shortcut, tapi jiga desktop samapai penuh, ya tetap juga susah mencarinya. Terlalu banyak file yang disimpan di desktop juga berpengaruh terhadap kecepatan computer, khususny saat computer start up.
  6. Selain itu, pada kondisi-kondisi tertentu computer bisa saja kepanasan karena bekerja berat atau karena menyala terus menerus, maka ada baiknya saat itu computer perlu di matikan sesaat kemudian di hidupkan kembali.
  7. Faktor penempatan atau penimpanan computer juga perlu diperhatikan, selain ditempatkan di tempat dengan sirkulasi udara yang baik, juga sebaiknya tempatkan computer di tempat yang bersih. Atau lakukan pembersihan secara berkala pada computer anda minsal membersihkan CPU (luar mapun dalam), monitor, keyboard, meja kerja, merapikan kabel dan lain-lain.
  8. Terakhir adalah komponen computer, mungkin ini untuk pemakian setelah jangka panjang. Sekalipun perangkat yand dipakai canggih, tetapi pada suatu waktu tertentu perlu untuk di ganti atau di tambah. Misal RAM, jika memungkinkan di ganti atau di tambah, cool pad prosesor, VGA Card atau komponen lainnya yang memang kira-kira perlu untuk di tingkatkan atau diganti, tidak menutup kemungkinan juga perangkat seperti keyboard dan mouse untuk dilakukan penggantian jika memang diperlukan.

Mungkin itu saja untuk artikel kali ini, selanjutnya saya akan berbagi artikel tentang factor apa saja yang mempengaruhi kecepatan sebuah computer pada tulisan berikutnya.
Jika kalian punya tips-tips lainnya, atau kalian ada keluhan tentang computer lelet, silahkan tinggalkan komentar pada kolom koment dibawah agar pembaca yang lain bisa tahu.

Berbagi itu indah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung, silahkan tinggalkan komentar anda. Kritik dan saran yang membangun sangat diharapkan untuk lebih baik kedepannya.