Kamis, 30 Mei 2013

Install Windows, Bobol Pass BIOS



Dulu aku sempat bingung untuk satu kasus. Aku pengen install Windows di laptop, tapi ada masalah nih. Dan masalahnya adalah pada laptop itu, BIOS-nya diberi password. Tau BIOS kan ? Tau lah ya, BIOS (Basic Input Output System) – pelajaran saat SMK kelas dasar.
Ok, jadi aku bilang saat itu “Jika BIOS-nya di password, berarti aku tidak bisa meng-install laptop itu” terkecuali kalau aku tahu password BIOS-nya. Tapi itu dia masalahnya, aku tidak tau password BIOS-nya, temankupun tidak tau apa password BIOS-nya.
Enter Password of BIOS
Memang, cara melumpuhkan password BIOS itu maca-maca, mulai dari menggunakan software khusus atau dengan membongkar laptop itu. Aku kasih bocoran nih kalau untuk membongkar laptop. Biasanya dengan memindahkan jumper pada Hardisk, tapi aku kurang tau bagaimana dan kemana dipindahkannya, jadi kalau mau lebih jelas silahkan
googling aja. Tapi ada lagi cara yang lebih sederhana, yaitu dengan membongkar laptop dan mencabut Chip-nya. Tau Chip kan, itu lo yang kaya battre jam tangan, bulet warna silver agak gede dikit. Jadi chip-nya di cabut, ya kira-kira lima detik lah, abis itu coba pasang lagi. Hal ini juga berlaku untuk PC ya, dengan resiko labelnya rusak, artinya garansi tidak berlaku. Untuk hal ini, belum aku coba sih tapi aku kira mungkinjuga.
Chip
Tapi kali ini aku cuman mau ngasih tau aja nih, bahwa kalau itu yang jadi masalah, bisa diselesaikan tanpa harus membongkar laptop. Beberapa hari yang lalu, aku diminta meng-install laptop temanku, tapi itu dia masalahnya, biso-nya diberi password, dan dia tidak tau passwordnya apa.
Biasanya kan kalau kita mau meng-install Windows, kita harus masuk BIOS dulu, bisa dengan menekan F2 atau Del. Dan saat masuk BIOS pertama kali, BIOS akan meminta diketikkan password-nya. Tapi karena aku tidak tau, aku bilang sama temanku aku tidak bisa.
Biasanya sih kalau kita masuk BIOS untuk mengatur boot-nya, agar DVD-R yang dibaca pertama. Secara tidak sengaja, aku sudah terlanjur memasukkan disck Windows kedalam DVD-R nya dan aku belum mengeluarkannya. Karena tidak tau pass BIOS-nya, ya restart aja laptopnya. Tapi saat laptopnya booting, ternyata disck yang aku masukkan tadi dibaca oleh system. Kan biasa tuh, kalau kita install Windows, maka dia akan mitan untuk “Press any key to boot form DVD...” ya begitu lah pokoknya. Ya sudah, karena discknya bisa dibaca, akhirnya aku mencoba menekan spasi berkali-kali, layaknya meng-insall Windows seperti biasa lah. Dan al-hasil, ternyata booting Windowsnya berhasil.
Jadi, tidak perlu susah-susah untuk memakai software untuk membobol pass BIOS nya, atau membongkar laptop. Kan kalau labelnya masih ada, harga bisa lebih dikit. Jadi, sebenarnya bisa langsung menginstall Windows tanpa harus mengutak-atik BIOS dulu. Langsung saja masukkan disck widnows-nya dan akan berjalan installasi seperti biasa. Dan ini sudah saya buktikan langsung.
Notte:
Ini kasusnya yang di pass cuman BIOS ya, bukan hardisck. Kalau hardisck aku kurang tau pasti. Yang jelas untuk kasus ini, aku sudah buktikan sendiri dan success.
Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung, silahkan tinggalkan komentar anda. Kritik dan saran yang membangun sangat diharapkan untuk lebih baik kedepannya.