Selasa, 21 April 2020

Cara Reset atau Bobol Password Admin Win 7 Tanpa Install Ulang

Sebenarnya saya punya kisah dibalik pembobolan password windows ini (khususnya win7). Tapi saya fikir-fikir, ah siapa yang perduli, sedang mungkin teman-teman lebih membutuhkan caranya ketimbang cerita saya. Jadi tanpa basa-basi, langsung aja ke inti permasalahan yaitu bagaimana cara membobol password win7 tanpa harus install ulang.

Sebelum kita mulai, ada beberapa alat dan bahan yang harus kalian sediakan serta berikut adalah tahapannya. Buat kalian yang sudah menguasai beberapa tahapan, silahkan langsung geser ke tutorial yang kalian cari.


Tutorial ini saya rincikan sesingkat mungkin tanpa mengabaikan detail, jadi mungkin agak panjang. Mohon di baca satu persatu ya.

1. Download File ISO Hirrenboot ( progrmanya, file iso )
2. Flasdisk kosong minimal 2 GB / DVD Kosong
3. Membuat USB Boot dengan PowerISO
4. Membobol / Mereset Password Win7 tanpa Install Ulang

Ok, itu adalah alat dan bahan yang harus kalian sediakan serta tahpannya secara singkat. Dan mari kita bahasa satu persatu, step by step.


1. Download File ISO Hirrenboot
Program HirrenBoot bisa kalian download langsung melalui website resminya secara gratis, jadi silahkan download dengan mengklik link berikut. 

File size nya sekitar 1,26 GB untuk yang versi Hiren’s BootCD PE x64 (v1.0.1), versi terbaru mungkin saja memiliki size yang lebih besar atau kecil. File tersebut extensi nya adalah ISO, sehingga kalian perlu memburningnya ke DVD atau ke flasdish. Agar tidak ribet, kita praktek saja menggunakan flasdish.


2. Flasdish Kosong 2GB atau DVD Kosong
Maka kalian harus menyediakan flasdish minimal 2 GB untuk membuat USB Boot, atau opsi lainnya adalah menggunakan DVD kosong, tapi pada praktek kali ini saya menggunakan USB.

3. Membuat USB Boot dengan PowerISO
Karena Hirrenboot file nya adalah ISO, maka kita perlu memburningnya ke CD/DVD atau USB boot. Pada kesempatan kali ini saya menggunakan flashdish sehingga kita perlu menggunakan PowerISO untuk membuat USB Boot. Program sejenis adalah UltraISO dan Nero digunakan untuk memburning file ke CD/DVD. 

Tutorial lengkap cara menggunakan PowerISO akan saya posting pada kesempatan mendatang, pada kesempatan kali ini saya hanya akan menunjukkan cara membuat USB Boot dengan PowerISO secara singkat. 

Cara membuat USB Boot HirrenBoot menggunakan PowerISO
- Terlebih dahulu, tancapkan USB Flasdish kalian (Min 2 GB) yang kosong
- Buka PowerISO
- Selanjutnya klik menu Tools > pilih Create Bootable USB Drive

- Maka akan keluar menu, silahkan cari file ISO HirrenBoot kalian melalui kolom Source Image File
- Secara otomatis destination USB Drive akan terisi sesuai drive USB kalian, misal F atau G atau lainnya. Jika belum terisi, pastikan USB Flasdish kalian sudah tertancap dan terbaca dengan benar
- Dan klik START
- Akan keluar kotak dialog untuk meminta agar USB Drive kalian di format, pilih YES/ OK
- Tunggu proses hingga selali dan sukses
- Sampai tahap ini kita sudah memiliki USB Drive Hirrenboot.

Sekali lagi sebagai tambahan informasi, kalian dapat memburning file ISO Hirrenboot ke media DVD menggunakan program Nero.

4. Membobol / Mereset Password Win7 tanpa Install Ulang
Nah, tibalah kita pada tahap inti, yaitu membobol password admin Win 7. Silahkan baca dan pahami terlebih dahulu cara berikut ini satu per satu untuk menghindari error.

- Masuklah ke menu BIOS.

Untuk beberapa latop atau PC terbaru, cara masuk menu BIOS bisa saja berbeda, selain itu tampilan menu BIOS nya pun berbeda.
Umumnya untuk masuk menu bios dengan menekan tombol F2, F4, F12 atau Del pada keyboard.
BIOS terbaru saat ini, grafis dan tampilannya sudah sangat berbeda dari BOIS jaman dulu, dimana BIOS saat ini menunya bisa di pilih dengan mouse. Tapi jika diperhatikan, urutan, nama dan keterangan menu masih sama saja dengan BIOS jaman dulu, hanya tampilan dan letak menu saja yang berbeda.

- Selanjutnya atur urutan booting BIOS kalian sebagai berikut
1. USB Boot
2. HDD




















Atau singkatnya, karena kita akan menggunakan USB Boot, maka booting pertama adalah USB, selanjutnya HDD, sisanya dapat diabaikan.

Perlu diketahui, jika media boot yang kalian gunakan adalah DVD, maka urutan pertama pada settingan booting BIOS adalah DVD Drive, kedua HDD, selanjutnya dapat diabaikan.

- Pastikan Flasdish / USB kalian terbaca. Kalau tidak terbaca, silahkan tancapkan USB kalian pada port yang lain.
- Sampai tahap ini kita sudah cukup untuk setting BIOS. Selanjutnya silahkan save setingan kalian, dan keluar dari BIOS.
- Pada saat laptop / PC loading, tekan tombol spasi beberapa kali sehingga Hirrenboot terbaca.
  Pada Hirrenboot yang saya gunakan saat ini, tampilan loadingnya mirip win 10.

- Dan setelah loading, maka kalian akan dibawa ke tampilan Hirren.
Hirren saat ini menggunakan win10, sangat jauh berbeda dengan Hirren dulu yaitu WinXP mini, tampilannya sudah sangat lebih baik.

- Dari menu hirren, silahkan klik Star> Scurity>NT Password Editor

- Akan keluar menu NTPWEdit, cari file sam dengan cara klik browse
Biasanya sercara default akan langsung dibawa ke system32, klik file sam dan open


- Maka akan keluar beberapa nama user dan admin yang terdapat dalam PC / laptop tersebut

- Kalian dapat memilih mana saja user yang kalian lupa passwordnya untuk kemudian kalian reset, tapi tips dari saya agar tidak bingung, reset saja semua password user yang ada disana, baik admin atau user lainnya. Toh jika kalian butuh password, bisa membuatnya nanti.

- Sebagai contoh, kita memilih Administrator, klik Change Password

- Akan keluar kotak pergantian password
- Kalian dapat membuat password baru langsung disana, atau membiarkan kosong (blank) jika tidak ingin menggunakan password, dan klik OK.
- Selanjutnya klik Save Changes
- Selanjutnya silahkan Restart computer / laptop kalian.

- Pada saat koputer / laptop mati, langsung cabut flasdish kalian agar file hiren tidak terbaca lagi.

- Tunggulah beberapa saat, hingga muncul user dan admin login

- Dan selamat, semua user dan admin sekarang sudah tidak memiliki password lagi




- Sebagai catatan, mungkin saja saat di halaman login akan muncul user baru yang sebelumnya tidak ada, itu tidak masalah, kalian dapat menghapusnya melalui Admininistrator.

Jadi, begitulah cara membobol atau mereset password Win7 menggunakan Hirren Boot. Cara ini mungkin saja bekerja pada Win10, atau Windows versi lainnya.

Tutorialnnya memang sedikit agak panjang, tapi perlu saya sampaikan untuk menghindari crash atau error.

Tutorial ini saya buat untuk membatu teman-teman yang mungkin lupa password, atau memiliki computer atau laptop yang diberikan teman, rekan, sahabat, keluarga atau perusahaan tapi tidak tahu password adminya.

Saya tidak bertanggung jawab jika tutorial ini disalah gunakan.


Buat kalian yang memiliki pertanyaan atau masih bingung, silahkan taruh komentar kalian melalui kolom dibawah, atau bisa DM saya via IG @Oget_ID.

Terimakasih

@Oget_ID

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung, silahkan tinggalkan komentar anda. Kritik dan saran yang membangun sangat diharapkan untuk lebih baik kedepannya.