Jumat, 22 Februari 2019

Faktor Yang Mempengaruhi Kecepatan PC / Komputer

001.365


Setelah pada artikel sebelumnya saya berbagi tentang hal-hal yang memperlambat kinerja PC / computer, maka pada tulisan kali ini saya akan berbagi tentang apa saja yang dapat mempengaruhi kecepatan computer. Mungkin lebih tepatnya adalah komponen apa saja yang dapat mempengaruhi kecepatan computer. Untuk membaca tulisan saya sebelumnya tentang apa saja yang memperlambat computer, silahkan klik disini :


Mungkin tidak masalah bagi anda yang memiliki computer baru, atau tepatnya mungkin belum masalah. Karena cepat atau lambat, jika anda tidak tahu bagaimana merawat computer dengan baik, maka tentu kineja computer akan semakin melambat dan akan memicu kekesalan saat anda menggunakannya :D

Untuk meningkatkan kecepatan computer, tentu kita harus paham dulu apa saja faktor yang mempengaruhi kecepatan computer, baik dari komponen maupun program hingga penggunaanya. Berikut beberapa penjelasannya.

  1. RAM ini sangat besar peranannya dalam kecepatan komputer, pasalnya segala proses yang dijalani komputer, maka cache atau data nya akan tersimpan di RAM sampai data tersebut benar-benar di simpan ke hardisk. Contohnya, jika anda menulis pada komputer, sebelum di simpan atau sebelum anda menekan save, maka seluruh pekerjaan tersebut akan di simpan di RAM hingga di save. Contoh lain, jika anda suka main game, maka semua data yang di proses saat game berjalan, juga terseimpan di RAM sampai anda melakukan save. Contoh lain lagi, bagi anda yang suka dengan editing baik vector, grafis maupun visual, maka seluruh proses yang dikerjakan akan tersimpan di RAM sampai sebelum anda save. Kesimpulannya seluruh proses akan tersimpan di RAM sampai sebelum di save. Saat ini RAM 2 GB merupakan standar bagi pengguna, akan tetapi bagi beberapa pengguna dapat meingkatkan untuk mempercepat kineja komputer. Di beberapa PC, slot RAM disediakan bisa lebih dari 2 slot, akan lebih baik menggunakan RAM 4 GB dengan 2 slot dibandingkan 8 GB tapi hanya satu slot, hal ini dikarenakan pada saat komputer bekerja, pembagian kinerja bisa lebih rata sehingga lebih ringan.
  2. Prosesor dan VGA Card, dua komponen ini juga tidak kalah penting. Sebenarnya jika hanya untuk pemakian rumahan atau kantoran, komponen ini tidak terlalu penting menurut saya. Akan tetapi penting tidak penting, komponen ini tetap penting. Kinerjanya akan sangat terasa saat menggunakan program yang membutuhkan visual dengan detail atau kwalitas tinggi. Misal saat editing baik visual, grafik atau vector.

Tiga item seblumnya berkaitan dengan biaya, dimana untuk meningkatkan kecepatan dengan meningkatkan atau update komponen tersebut, tentu kita harus membelinya. Maka faktor selanjutnya adalah faktor yang perlu diperhatikan tanpa mengeluarkan biaya.

  1. Kerapian file, sebisa mungkin untuk menata file agar lebih baik dan lebih rapi, agar komputer bisa membaca file lebih cepat. Selain lebih mudah di cari, lebih indah di pandang, hal ini juga berpengaruh terhadap kecepatan komputer.
  2. Sesekali lakukan perawatan dengan software secara berkala, misal seperti defrag, membersihkan cache dan lainnya. Akan tetapi saran saya untuk melakukan pengerjaan ini, lebih baik menggunakan software untuk menghindari crash atau terhapusnya file penting yang bahkan dapat meyebapkan komputer error.

Mungkin sekian dulu untuk tulisan kali ini, jika kalian masih ingin tahu lebih tentang apa saja yang mempengaruhi kecepatan PC / komputer, silahkan tinggalkan komentar kalian dibawah. Atau buat kalian yang punya informasi lain tentang tema tulisan kali ini, silahkan berbagi melalui komentar dibawah.

Sekian, terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung, silahkan tinggalkan komentar anda. Kritik dan saran yang membangun sangat diharapkan untuk lebih baik kedepannya.