Sabtu, 23 Februari 2019

Tips Back Up Data / Solusi Data Hilang

Computers-R-US 407-574-3964 Orlando Florida Computer Repair Shop Sales for Desktop PC Computers, Laptops Computers and Virus Removal. We BUY "ANYTHING" of Value Working or Broken!



Pernah suatu ketika saya kehilangan satu file yang sangat berharga (sebenarnya beberapa), dan file itu tidak akan ada duanya, bahkan saya tidak mungkin akan bisa membuatnya kembali. Saya benar-benar sangat menyesali hilangnya file itu. Apapun alasannya, entah karena rusak, perangkat hilang atau dicuri orang, tidak bisa di akses kembali atau lainnya, apapun itu, intinya adalah hilangnya file itu juga merupakan bagian dari kebodohan yang kita miliki.

Mungkin ada dari kalian yang pernah mengalami hal yang sama, mereka bilang pengalaman adalah guru terbaik. Maka untuk kalian yang semoga tidak akan mengalami hal yang sama, atau antisipasi kehilangan atau kerusakan suatu data, program atau file penting lainnya, maka ada baiknya kalian membaca tips yang akan saya bagikan pada kali ini.

Back Up data sangat penting untuk menghindari hilangnya data dari sesuatu hal yang tidak dapat diperkirakan. Memang ada namanya revocery atau program recovery, akan tetapi itu tentu saja tidak akan menyelamatkan semua file secara utuh, atau bisa juga revocery hanya untuk sautu program tertentu dan tidak dapat menyelamatkan file atau program lainnya. Maka berikut tips menyelamatkan data lainnya untuk mengantisipasi kehilangan atau rusaknya data kita.

  1. Cloud atau Media Online

    Saat ini banyak sekali situs web yang memberikan space yang dapat kita gunakan untuk menyimpan data kita. Sebut saja seperti Google, 4Shared, Ziddu dan lain sebagianya. Akan tetapi setiap situs memberikan space yang berbeda-beda. Google memberikan space 15GB, 4Share memberikan space 1TB (kalau saya tidak salah) begitu juga dengan Ziddu, flickr yaitu media yang berbagi dan penyimpanan file foto dengan space hingga 1TB.

    Hanya dengan mendaftar akun pada media-media tersebut, maka space akan diberikan secara percuma. Akan tetapi, tentu saja kita harus benar-benar mengingat email atau user serta password, sebab itu adalah kata kuncinya, jika lupa, ya susah nantinya untuk mengembalikan.

    Dengan menyimpan data di media online, maka kita dengan mudah mengaksesnya dimana saja dan kapan saja selama terkoneksi dengan internet. Selain itu, kita juga bisa dengan mudah membagikan file tersebut melalui url atau link yang diberikan.

    Akan tetapi tentu menyimpan data bukan tanpa resiko dan memiliki kekurangan, mulai dari terbatasnya space yang diberikan sehingga jika ingin space tambahan, maka kita harus membayar. Solusi lain untuk masalah ini adalah dengan membuat akun baru, maka kita akan mendapatkan space sebesar yang diberikan pada akun lain lagi, akan tetapi hal ini juga menjadi ancaman, banyaknya akun membuat kita bingung dimana data di simpan dan rawan lupa user dan password.

    Selain itu, menyimpan media di online khususnya pada akun gratisan, artinya juga kita harus tunduk pada kebijkan penyedia layanan. Bisa saja file yang kita simpan dapat di akses oleh admin atau sangat memungkinkan juga untuk di retas oleh orang yang tak bertanggung jawab. Untuk itu, pastikan anda memilih media yang benar-benar dapat dipercaya.

    Khusus untuk foto, saya tidak menyarankan anda menyimpan di media social seperti facebook, Instagram atau lainnya. Media social ditunjukkan untuk memagikan foto, bukan media untuk menyimpan foto. Setiap foto yang di upload, akan terkompres oleh situs tersebut sehingga filenya menjadi lebih kecil, resolusi lebih kecil dan data exift pun hilang. Sehingga sebaiknya simpan foto di Google Drive atau Flickr, maka keaslian, resolusi, exift hingga resolusi gambar akan terjaga seperti file aslinya.
  2. HDD External

    Hardisck external merupakan pilihan yang sangat baik untuk meyimpan atau memback up data. Saat ini banyak sekali HDD External terjual dengan berbagai kapasitas dan harga. Akan tetapi yang perlu di antisipasi adalah kwalitas dari HDD itu sendiri. Jika kalian memang benar-benar memprioritaskan keamanan data, maka sebaiknya pilih HDD dengan kwalitas yang baik pula. Orang bilang ada harga ada kwalitas.

    Selanjutnya yang perlu diperhatikan jika kalian memback up data pada HDD External adalah cara penyimpanan HDD itu sendiri. Karena jika salah, HDD dapat rusak dan tidak terbaca, sehingga kalian pun akan merugi, selain dari rugi secara keuangan juga file data yang hilang. Maka simpanlah HDD External kalian di tempat yang kering, bersih, suhu tidak lembab, tidak panas dan juga tidak terlalu dingin. Sesekali tancapkan HDD External kalian ke PC, jangan terlalu lama di disimpan. Yaa ibarat kendaraan lah, meski tak dipakai, sesekali panaskan lah mesinnya untuk memastikan semuanya masih aman terkendali.

    Hanya saja jika kita menginginkan space lebih, maka kita pun harus mengeluarkan biaya lebih untuk mendapatkan HDD External ini.
  3. Media Disck (CD / DVD)

    Maka ini adalah solsui bagi yang memiliki masalah pada biaya. Media disck juga merupakan media back up data yang cukup baik menurut saya. Hanya saja media disk ini memiliki kapasitas yang tidak terlalu banyak. Sebut saja CD dengan size 700MB dan DVD dengan size 4GB.

    Yang perlu diperhatikan saat menyimpan data pada media disck adalah harus benar-benar menjaga agar disck tidak sampai rusak, apalagi retak atau pecah, maka hilanglah sudah data kita.

    Di pasaran banyak sekali disck yang di jual dengan berbagai harga, akan tetapi biasanya media dengan harga yang mahal biasanya memiliki kwalitas bahan yang lebih bagus, sehingga disck tetap bersih meskipun disimpan untuk waktu yang lama. Selain itu saat proses data, membaca atau menulis data bisa lebih cepat.

Lalu apa kabar dengan Flashdisck / Flashdrive, memory card dan sebagainya. Media-media ini memang alternative penyimpanan data, akan tetapi saya tidak merekomendasikan menggunakan media ini untuk digunakan sebagai tempat back up data. Pasalnya saat ini flashdisck dan memory card sangat-sangat rawan rusak, entah karena salah cara pakai atau memang perangkatnya yang cepat rusak bahkan bisa juga terkena virus, apapun alasannya media tersebut cepat rusak. Flashdisck atau memory card baiknya digunakan untuk memindahkan atau menyimpan data yang sifatnya sesaat saja.

Mungkin demikian dulu untuk tips kali ini. Jika kalian masih punya pertanyaan, punya info lain atau ingin saya membahas pembahasan lainnya, silahkan tinggalkan komentar di bawah. Terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung, silahkan tinggalkan komentar anda. Kritik dan saran yang membangun sangat diharapkan untuk lebih baik kedepannya.