Selasa, 28 Mei 2013

Perbedaan Blu Ray, DVD dan CD



Blu Ray Logo
Pernah dengar istilah Blu Ray, bukan blue screen ya atau blue xxx. Opss, no sara no saru. Biasanya isitlah ini aku temukan di beberapa software “suported blu ray” seperti nero, atau beberapa software lainnya. Tapi aku sendiri masih bingung apa sih Blu Ray itu. Jika Anda pernah bertanya dengan pertanyaan yang sama, semoga artikel ini bisa membantu. 

Nah, apa saja perbedaan antara Blu Ray, DVD maupun CD. Berikut ini penjelasan dari Oget.
Blu Ray adalah sebuah disck penyimpanan dayat digital kulaitas tinggi (HD) dengan kapasitas yang besar. Blu Ray juga sering disebut Blu-Ray Disck (BD) atau HD DVD.
Pada dasarnya Blu Ray sama saja dengan DVD atau CD tapi kembali ke kapasitas yang terdapat didalamanya. Blu Ray bisa menyimpan data digital dengan kapasitas yang sangat besar yakni hingga 50 GB. Sedangkan DVD hanya 4 GB lebih saja. 

Saat ini beberapa perusahaan besar seperti
Thosiba sudah mengeluarkan produk yang suport dengan Blu Ray yaitu DVD untuk membaca Blu Ray. Selain itu, banyak juga perusahaan perfilman besar luar negri akan mengeluarkan film-filmnya dalam Blu Ray Disck. Di Indonesia sendiri, saya sendiri belum pernah menemukan Blu Ray baik disck-nya maupun BD Player-nya. Bukannya tidak ada, tetapi saya rasa masih jarang.

Kembali ke Blu Ray. Perbedaanya yang dapat kita amati secara langsung adalah warna disck yang mengkilap pada Blu Ray yaitu biru tua atau ungu. Berbeda dengan disck biasa baik DVD atau CD yang memancarkan warna biru bercampu merah. Selain itu, kapasitas data yang bisa disimpan di BD Disck adalah 50 GB atau setara dengan 9 jam video HD atau 23 jam video SD (Standar Devinition).
Blu Ray hanya bisa diputar oleh Blu-Ray Disck Player, jadi tidak bisa diputar dengan menggunakan DVD Biasa. Sama halnya dengan DVD tidak bisa diputar dengan CD Player biasa.

Blu Ray ini ada dua macam, disck yang berukuran besar atau standar dan yang berukuran mini.


Ukuran fisik
Kapasitas satu lapis
Kapasitas dua lapis
12 cm, satu sisi 25 GB (23.3 GiB) 50 GB (46.6 GiB)
8 cm, satu sisi 7.8 GB (7.3 GiB) 15.6 GB (14.6 GiB)

Jadi sekarang bisa disimpulkan perbedaan antara BluRay Disk dengan DVD atau CD
Dari Segi Fisik
Blu Ray warnanya biru tua atau ungu sedang DVD atau CD biru bercampur merah.
Kapasitas
Jelas Blu Ray bisa menampung hingga 50 GB sedang DVD hanya 4,7 GB sedang CD hanya 700 MB.
Suported Player
Blu Ray Disck hanya bisa diputar oleh BD Player, tidak bisa diputar oleh DVD apalagi CD Player biasa.
Harga
Masalah harga, yang jelas BD pastinya lebih mahal dari DVD atau CD.
Blu Ray Disck
Itulah beberapa perbedaan antara Blu Ray Disck (BD) dengan DVD dan CD. Semoga Bermanfaat.
Blu Ray Player
CD Disck
DVD Disck

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung, silahkan tinggalkan komentar anda. Kritik dan saran yang membangun sangat diharapkan untuk lebih baik kedepannya.