Kamis, 28 November 2019

Cara Kirim Foto Resolusi Tinggi via WA


Salah satu aplikasi berbagi baik pesan text, audio, video hingga foto yang paling popular saat ini adalah WatsApp atau WA. Karena interface yang begitu mudah, penggunanya pun kian banyak. Akan  tetapi sadarkah anda bahwa saat berbagi foto melalui WA, kadang foto yang diambil dengan  kamera canggih sekalipun menjadi tak begitu tajam saat berbagi melalui aplikasi WA.

Sebenarnya, foto asli yang diambil melalui perangkat kamera baik dari HP atau Kamera DSLR dan semacamnya memiliki resolusi yang bear, size nya pun tak sedikit. Untuk HP sizenya rata-rata 5MB atau lebih, sedang untuk kamera DSLR bisa jadi lebih besar bahkan diatas 10MB untuk satu foto. Tetapi jika kita berbagi melalui WA, maka file foto tersebut akan terkompresi secara otomatis oleh WA sehingga filenya menjadi kecil, bahkan ratusan atau puluhan kb (kilo bit). Tentu ini akan sangat menurunkan kualitas dan foto. Bahkan dibeberapa kasus, foto tersebut tidak bisa di edit melalui  aplikasi PhotoShop, mungkin karena kompresi yang terlalu kecil.

Nah, kali ini saya akan berbagi bagaimana cara berbagi foto melalui WA tanpa mengurangi resolusi dan tetap menjaga keaslian foto. Caranya sangat mudah, berikut caranya.


1. Buka aplikasi WA kalian baik melalui android atau via web

2. Tentukan pesan mau dikirim kemana (grup atau pribadi)
3. Buka menu lampiran / yang berbentuk klip di samping kanan text kolom pesan WA
   - Biasanya kalau kita kirim foto kan dengan klik icon foto atau kamera, tapi kali ini haru melali lampiran yan atau yang berbentuk klip

4. Pilih lampiran dokumen pada sederet menu yang tersedia.

5. Selanjutnya cari file foto yang akan anda kirim
6. Tinggal send, selesai


Notte:

  • Jika mengirim foto melalui lampiran dokumen, baik pengirim maupun penerima butuh waktu lebih banyak karena size foto yang besar, apalagi kalo kirimnya banyak. Imbasnya, bagi yang mengirim atau menerima tentu akan sedikit lebih menguras kuota internet.


  • Sebelum mengirim foto, pastikan kalian tau dimana / di folder apa foto kalian simpan, hal ini akan mempermudah saat mencari foto tersebut.


  • Pada penerima, file foto akan tersimpan di folder dokumen dari WA, jadi bukan masuk ke folder foto ya.


  • Foto yang dikirim dan diterima adalah kualitas dan nama asli, jadi tidak ada perubahan pada file foto.


Semoga membantu, terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung, silahkan tinggalkan komentar anda. Kritik dan saran yang membangun sangat diharapkan untuk lebih baik kedepannya.