Kamis, 16 Januari 2014

Mengetahui Penyebab Lambaat-nya Start UP Komputer



Jika Anda mengeluh karena komputer anda terlalu lambat saat start up atau loading, berikut ini Oget akan coba uraikan sedikit tentang apa saja yang membuat lambatnya komputer saat start up.

Ada beberapa faktor yang membuat komputer anda lambat saat loading start up dan anda tidak akan sadar hal itu jika Anda tidak mempertahitkannya.
      
      1.       Terlalu Banyak Program
Yang Oget maksud di sini adalah terlalu banyak Service program yang harus di hidupkan saat start up. Beberapa program tersebut secara tidak sadar akan ikut di aktifkan ketika Anda menghidupkan komputer Anda. Contoh real-nya adalah anti virus, tapi yang satu ini sebaiknya wajib di aktifkan di sitrat-up yang artinya proteksi terhadap komputer anda dimulai begitu anda menghidupkannya oleh antivirus anda.
      2.       Virus
Salah satu akibat dari virus adalah membuat komputer jadi lambat, termasuk saat dihidupkan.
Hal ini tentu saja akan menyisakan kekesalan dan kejengkelan pada Anda.
Ada beberapa virus yang begitu komputer diaktivkan maka dia juga akan mulai aktiv, itu artinya komputer anda sudah terjangkit virus.
      3.       Service Yang Belum Complit
Makanya, jangan terlalu sering mematikan komputer anda dengan paksa. Akibatnya, jika ada beberapa Service yang tadinya berjalan ketika komputer Anda sedang menyala tapi tidak selesai, dan kemudian Anda mematikan komputer, maka beberapa dari proses itu akan dilanjutkan ketika anda kembali menghidupkan komputer Anda. Hal ini juga mempengaruhi kecepatan start up komputer Anda.

Nah, jika anda sudah tau beberapa penyebab lambatnya komputer anda saat start up, sekarang saatnya untuk mencari solusinya.

Ada beberapa solusi yang Oget tawarkan di sini.
      1.       Hapus Program Tidak Penting
Sebaiknya Anda hapus program-program yang kurang penting bagi Anda. Jangan sampai program itu di instal tapi tidak pernah terpakai. Selain memakan media penyimpanan/ hadis, juga memakan memory (RAM). Akibatnya berpengaruh pada sitrat up komputer Anda juga.
      2.       Non Aktiv Services Start Up
Non aktivkan sebagian Services start uap program Anda. Terkadang tidak semua program-program tersebut perlu di aktifkan saat start-up. Ini hanya akan mempengaruhi kecepatan komputer Anda menjadi lebih lambat.
      3.       Kurangi Effek
Jika memang benar-benar lambat, disarankan untuk tidak terlalu banyak memainkan efek pada komputer anda, seperti wallpaper yang berganti-ganti secara otomatis, gad ged, aero effeck dan yang lainnya yang akan membuat komputer Anda lambat.
      4.       Scan
Lakukan Scan pada komputer anda, akan lebih baik jika secara berkala. Tidak menutup kemungkinan bahwa komputer anda menyimpan virus yang membuat komputer Anda menjadi lambat.

Demikianlah beberapa tips dari Oget.
Teknologi memang membuat hidup menjadi mudah, tapi teknologi juga bisa menjadi bumerang. 

Bijaklah memanfaatkannya dan pandailah merawatnya.
Semoga membantu.
Oget

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung, silahkan tinggalkan komentar anda. Kritik dan saran yang membangun sangat diharapkan untuk lebih baik kedepannya.