Selasa, 25 November 2014

Tips Chating Gratis


By Oget
Beberapa hari yang lalu, saya mencari-cari cara bagimana caranya chating via LAN. Sempat googleing kesana kemari tapi butut-buntute bingung juga. Memang, ada beberapa refrensi yang belum aku coba, diantaranya adalah ada yang minta memakai program khusu yang harus di download dan di install.
Mungkin bisa, tapi tidak bagi saya saat itu kenapa…?? Karena computer yang ingin saya uji coba adalah computer lab kampus yang kebetulan saat itu terhubung dalam satu jaringan. Aturan kampus, tidak boleh menancapkan flasdish kedalam computer sehingga tidak bisa nginstall program yang dimaksud.
Memang computer yang kami pakai terhubung dalam jaringan, artinya terkoneksi dengan LAN (Local Area Network) namun tidak bisa meng accsess internet karena terhubung dalam jaringan saja.
Singkat cerita setelah melakukan beberapa kali percobaan namun tak kunjung berhasil, akhirnya saya menemukan solosinya, berkat mbah google juga sih dan sahabat blogger yang telah berbaik hati untuk berbagi tulisannya.
Disini, tidak harus dengan menginstall program baru karena program yang kita pake adalah program bawaan windows, dan yang terpenting tidak harus terkoneksi dengan internet. Yang pasti harus terhubung  dengan satu jaringan.
Bagaimana caranya, langsung saja ke TKP.
Yang pertama dan yang terpenting adalah pastikan computer anda terhubung dalam jaringan (LAN) sehingga nantinya Anda akan mendapatkan IP Address dari computer yang Anda pake.
Selanjutnya cek IP Address Anda, saya rasa anda tahu caranya yaitu buka RUN, ketik CMD dan ketikan IPConfig pada jendela CMD dan enter, kemudian catat IP Address Anda.
Cek juga IP Address computer yang ingin anda ajak chating, biasanya jika didalam satu jaringan yang terintsall, IP Address nya akan urut sesuai nomor computer.
Program yang akan kita pake nanti adalah “NetMeeting” yaitu program bawaan windows, jadi tidak perlu install program lagi.
Yak, itu tadi adalah pemanasan, bagaimana cara kerja prgoramnya, berikut langkah-langkahnya step by step.
Klik start > My Computer atau masuk ke Explorer
Buka locakdsik C, pilih program files. Biasanya di layar tidak akan ditampilkan apa-apa kalau membuka Program Files, tapi coba klik Folder sehingga tampil sub folder disebelah kiri dan cari NetMeeting.
Klik NetMeeting dan akan keluar beberapa icon, tapi bukan icon yang bergambar bola dunia.

Apabila program ini baru pertama kali dijalankan, artinya sebelumnya program ini belum pernah dijalankan, maka akan keluar kotak dialog konfigurasi seperti berikut.

Klik next dan Anda akan diminta mengisi data Anda. Silahkan isi data-data tersebut, kalau bias jangan ada kolom yang kosong, dan klik Next.

Ikuti langkah berikutnya dengan mengklik next. Hingga tampil tampilan seperti berikut dan pilih Local Area Netword (LAN) dan klik next.

Klik next dan next, hingga finish.
Setelah Anda finish, sesaat kemudian NetMeeting akan loading dan akan tampil jendela NetMeeting seperti gambar berikut.

Dan itulah tampilan dari NetMeeting.
Lakukan hal yang sama pada computer yang akan Anda ajak chating sehingga dikomputer yang satunya akan memiliki tampilan yang sama. Jadi, kedua computer harus menjalankan program ini bersama-sama.
Setelah Anda melaku hal diatas, dengan program ini anda bisa saling telpone via LAN, transfer file dan chating seperti di facebook.
Untuk bisa melalukan telpone atau berkirim pesan, terlebih dahulu Anda harus mengisikan IP Address dari computer yang ingin diajak chating di komom atas, contoh.

Dan klik Place Call yang terletak tepat disamping kanan kotak isian Anda.
Kemudian akan keluar jendela waiting call, jangan di close.
Apabila pada computer sasaran program NetMeeting juga dijalankan, akan keluar kotak dialog yang menandakan bahwa ada yang menelpone dan bisa diterima (I Accep) atau ditolak.
Usahakan untuk diterima karena jika tidak diterima maka anda tidak akan bisa mengirim pesan, setelah telpone diterima walau hanya sesaat, bisa di tutup telponenya tapi programnya jangan disclose.
Sekarang anda bisa berkirim pesan dengan computer yang barusan anda panggil dengan cara klik tombol chat yaitu sebelah kanan bawah tombol yang ada gambar tangan.

Dan akan keluar kotak chat seperti gambar berikut

Ketikan pesan Anda pada kotak isian yang tersedia dan enter atau klik button yang ada disamping kanan.
Pada option Send To adalah kepada siapa anda ingin mengirim pesan. Jika Anda pernah melakukan call ke beberapa computer, biasanya akan ada lebih dari satu nama disana, tapi dan ada satu lagi tambahan yaitu “Evry One”.  Jika Anda memilih ini, maka artinya Anda akan mengirim pesan atau apa saja yang anda kirim kesemua yang ada di list anda secara bersamaan.
Dan sekarang anda bisa chating, telpone, transfer file, dan lain sebagainya (Kalau Video call aku kurang tau gan, yang aku coba hanya chat aja) dan yang jelas tanpa harus connect dengan internet.
Semoga bermanfaat, salam Oget.


Untuk tutorial full image, silahkan donwload disini, GRATIS
Download Now

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung, silahkan tinggalkan komentar anda. Kritik dan saran yang membangun sangat diharapkan untuk lebih baik kedepannya.