Minggu, 25 Mei 2014

Membuat Dokumen PDF Agar Tidak Dapat Di Copy



Beberapa hari yang lalu, saya telah menyelesaikan penyusunan Laporan Tugas Akhir. Selain mengumpulkan hardcopy/ yang sudah di print, saya juga di minta mengumpulkan softcopy/ file. 
Sejauh ini tidak masalah, hanya saja saya tidak ingin menyerahkan begitu saja dokumen yang telah susah payah saya buat. Takutnya nanti dokumen itu akan di copy paste dengan mudahnya, dengan ringannya yang hanya menggunakan dua langkah yaitu copy (Ctrl+C) dan paste (Ctrl+V).    Saya yang telah membuatnya dengan susah payah, tentu tidak ingin mereka mendapatkannya dengan mudah.
Untuk itu saya mencari cara bagaimana agar file saya tersebut tidak bisa di copy paste. Meski di buat jadi PDF, tetap saja dokumen tersebut masih bisa di copy paste. Harus ada trik untuk membuatnya tidak dapat di copy paste.
Dan berkat bantuan dari program Foxit Reader, akhirnya saya berhasil membuat dokumen saya tidak dapat di copy paste. Dan berikut ini saya bagikan ilmunya.
Program yang saya gunakan disini adalah Foxit Reader. Jika Anda tidak memiliki programnya, silahkan download di situs resminya, GRATIS.
Berikut langkah-langkah membuat dokumen PDF agar tidak dapat di copy paste.
      1.       Buka program Foxit Reader


      2.       Masukkan  dokumen Anda ke dalam Foxit Reader. Sebagai contoh, saya menggunakan file dokumen word (.docx)
Cara memasukkan file dokumen ke Foxit untuk di buat menjadi .pdf adalah klike File> Create dan disana ada 3 pilihan. Silahkan pilih From File

Cara lain dengan langsung mengklik From File pada menu Home atau dengan menekan Ctrl+N.

      3.       Akan keluar jendela baru untuk mencari file dokumen Anda. Silahkan cari dokumen Anda dan buka.
       4.       Tunggulah beberapa saat hingga Foxit Reader menampilkan dokumen Anda.
      5.       Anda dapat menyimpan dokumen Anda tersebut dengan cara seperti biasa yakni Ctrl+S dan akan tersimpan dalam bentuk PDF  – jangan lupa perhatikan extensi file. Hanya saja dengan cara ini, dokumen PDF Anda masih dapat di copy paste. Nah, untuk membuat agar dokumen anda menjadi PDF dan tidak dapat di copy paste, ikuti langkah selanjutnya.
      6.       Klik File dan pilih Print. Akan keluar jendela print sebagaimana biasanya kita nge-print.

      7.       Pada jendela print bagian Name, pilih Foxit Reader PDF Printer. Biasanya pilihan ini akan ada secara otomatis, bersamaan dengan diinstall-nya program Foxit Reader.
      8.       Selanjutnya Klik Ok
       9.       Setelah itu, akan keluar jendela tempat penyimpanan dokumen PDF Anda. Silahkan pilih lokasi penyimpanan dokumen PDF Anda seperti biasa dan klik Save. Jangan lupa member nama file PDF Anda.

      10.   Akan keluar proses print/ convert dokumen Anda menjadi PDF seutuhnya.
       11.   Begitu prosesnya selesai, maka dokumen PDF Anda akan terbuka/ ditampilkan kembali secara otomatis dalam jendela baru oleh Foxit Reader.
       12.   Hasilnya, dokumen PDF Anda tidak akan bisa di selec untuk di Copy, silahkan buktikan sendiri. Kalau Anda masih ragu apakah dokumen PDF Anda masih bisa di copy atau tidak, silahkan buktikan dengan program lain minsalnya adobe reader atau semacamnya. Sejauh yang pernah saya coba, dokumen pdf anda tidak dapat di copy paste, hanya dapat di lihat saja.



Notte:
§  Cara ini juga berlaku untuk mengubah dokumen PDF menjadi PDF yang tidak dapat di copy, dengan kata lain, dokumen PDF Anda yang sebelumnya bisa di copy, setelah mengikuti cara di atas akan menjadi dokumen PDF yang tidak dapat di copy.
§  Dokumen Anda memang tidak dapat di copy paste, tetapi masih bisa di baca dan di tulis kembali (rewrite).
Semoga bermanfaat.


Oget.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung, silahkan tinggalkan komentar anda. Kritik dan saran yang membangun sangat diharapkan untuk lebih baik kedepannya.